Tabunganku, Produk Simpanan Tanpa Biaya Administrasi Bank

Tabunganku ~ Menabung adalah salah satu aktifitas keuangan yang sangat baik sebagai antisipasi untuk persiapan kebutuhan di masa depan. Selain itu, semakin banyak jumlah nasabah yang menyimpan uang di Bank akan membantu kualitas perbankan di Indonesia.

Secara tidak langsung, semakin besar jumlah masyarakat yang menjadi nasabah bank, semakin sehat perbankan Indonesia. Dengan kondisi perbankan yang sehat, maka pembentukkan modal akan semakin mudah sehingga dapat menyokong roda perekonomian baik makro maupun mikro.

Sayangnya, ratio jumlah nasabah bank di Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut menyebabkan pemerintah meluncurkan program Gerakan Indonesia Menabung (GIM) sekaligus launching produk simpanan Tabunganku yang diselenggarakan dengan bekerja sama dengan 22 Bank di Indonesia.

Apa Itu Tabunganku? 

Tabunganku adalah produk tabungan yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia dan BI serta dilaksanakan oleh bank – bank untuk menumbuhkan budaya menabung guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan persyaratan yang mudah dan ringan.

Melalui Gerakan Indonesia Menabung yang diterbitkan pada 20 Februari 2010, produk tabunganku menjadi salah satu produk simpanan yang paling banyak dilakukan di banyak bank di Indonesia. Nama tabungan disesuaikan dengan nama bank seperti Tabunganku BRI untuk bank BRI. .

Ketentuan dan Layanan Tabunganku

Hampir sama seperti Kredit Usaha Rakyat yang juga merupakan inisiasi program dari pemerintah. Tabunganku memiliki standar fasilitas yang harus diterapkan oleh semua bank penyelenggara yang diatur oleh BI. Selain fitur standar, BI juga memberikan keleluasaan kepada bank untuk memberikan fasilitas. Fasilitas ini disebut Customized Feature.

Fitur Standar ( Mandatory Feature ) 
Merupakan fitur sandar yang menjadi ketentuan wajib bagi semua bank. Peraturan ini sama rata sehingga besaran biaya maupun sistemnya pun sama. Beberapa ketentuan yang masuk ke dalam fitur standar tabunganku adalah sebagai berikut :

  • Setoraan awal Rp 20.000
    Bank yang melaksanaka simpanan ini wajib memberikan aturan berupa setoran awal pembukaan rekening dengan biaya sangat murah yaitu Rp 20.000. Tidak boleh kebih.
  • Bebas biaya administrasi
    Bank pelaksana tidak boleh menarik uang sebagai biaya administrasi bulanan yang umum diterapkan di jenis tabungan reguler
  • Minimum Setoran Rp 10.000
    Setelah memiliki rekening, setoran selanjutnya minimal Rp 10.000 atau lebih.
  • Saldo minimal di tabungan
    Saldo minimal yang harus ada di rekening tabunganku sebesar Rp 20.000. Jika kurang dari Rp 20.000, maka rekening akan secara otomatis akan ditutup.
  • Biaya rekening Dorman
    Rekening dorman adalah rekening nasabah yang tidak melakukan aktifitas transaksi selama enam bulan. Biaya untuk rekening jenis ini dikenai sebesar Rp 2.000 per bulan.

Customized Feature
Fitur ini tergantung dari kebijakan bank pelaksana. Biasanya, fitur ini berkaitan dengan beberapa hal dibawah ini :

  • Kartu ATM
    Tidak semua bank memberikan fasilitas kartu ATM. Bank BRI misalnya, tidak memberikan akses ATM untuk nasabah yang memiliki rekening jenis tabungan BRI tabunganku. Sementara Cimb Niaga memberikan ATM Card kepada nasabahnya.
  • Akses E-Banking
    E-Banking seperti SMS banking, Internet Banking atau mobile banking termasuk layanan yang tidak wajib. Bank boleh melengkapi fitur ini.
  • Batasan penarikan
    Batasan penarikan serta biaya ditetapkan oleh bank. Setiap bank menerapkan biaya yang berbeda serta sistem yang berbeda. Anda dibatasi penarikan beberapa kali dalam setiap bulan dengan setor tunai tanpa batas.
  • Transfer
    Kebanyakan produk sejenis ini membatasi aktifitas transfer hanya bisa menerima uang, namun tidak dapat mengirim uang. Hal ini menjadi salah satu kekurangan yang ada pada produk ini.

Kelebihan dan Kekurangan Tabunganku 

Dari ketentuan layanan yang telah dibahas pada point di atas, dapat kita simpulkan beberapa kelebihan sekaigus kelemahan dari produk ini.

Keunggulan Tabunganku 

  • Bebas biaya administrasi
    Salah satu sebab yang menjadikan masyarakat enggan untuk menabung adalah biaya administrasi. Biaya ini sering kali tidak seberapa, namun jika saldo tabungan kurang dari jumlah bunga tabungan yang di dapat, maka, secara otomatis saldo tabungan akan terpotong sebagai biaya administrasi bulanan. Hal ini adalah sebab mengapa uang akan berkurang setiap bulannya.
  • Setoran awal yang ringan
    Produk Simpedes BRI, menerapkan setoran awal minimum sebesar Rp 100.000. Sementara untuk Britama dan sejenisnya, minimal setoran pembukaan rekening adalah Rp 250.000. Bandingkan dengan setoran minimum tabunganku yang hanya Rp 20. 000.
  • Syarat Mudah
    Tanpa NPWP, tanpa setoran awal yang besar, anda bisa memiliki rekening bank yang dapat menyimpan uang anda dengan aman.

Kekurangan Tabunganku

Meksipun memiliki kelebihan yang telah saya sebutkan di tas, produk ini masih memiliki beberapa kelemahan di antaranya :

  • Akses terbatas
    Tidak semua bank pelaksana memberikan layanan mobile banking. Padahal, layanan ini sangat bermanfaat apalagi bagi para pelaku usaha. Selain menghemat waktu, tenaga dan pikiran. Layanan ini juga menjadikan pelaku usaha dapat bertransaksi secara real time.
  • Kepemilikkan kartu ATM
    Tidak semua bank yang memiliki jenis produk tabunganku memberikan kartu ATM kepada nasabahnya. Ini berarti, jika anda ingin mengambil uang, anda harus mengantri di kantor cabang setempat.
  • Layanan transfer 
    Perihal transfer juga menjadi salah satu kekurangan produk ini. Jika anda ingin mentransfer uang dengan cepat, anda harus mengirimnya melalui teller bank. Kemungkinan anda harus menunggu lama antrian sebelum anda dipanggil oleh teller.

Syarat Buka rekening Tabunganku

  1. Rekening untuk perseorangan
    Rekening tidak bisa digunakan bersama atau disebut juga rekening bersama.
  2. Sudah berusia 17 tahun
    Usia minimal sudah mencapi 17 tahun. Jika anda belum mencapai umur 17 tahun. Anda bisa menggunakan fasilitas tabunganku pelajar atau anak anak yang akan saya bahas pada artikel lainnya.
  3. Melampirkan kartu Identitas
    Untuk mendaftar tabunganku, anda harus melampirkan kartu identitas anda seperti KTP
  4. Mengisi formulir. 
    Isi formulir aplikasi pembukaan rekening di kantor tempat anda membuka rekening bank. Jika ada kesulitan jangan sungkan untuk bertanya kepada customer cantik yang ada di kantor.

Tabunganku Bank Syariah, Apa Perbedaannya?

Bank syariah adalah lembaga perbankan yang menjalankan aktifitas perbankan pada umumnya namun menggunakan prinsip hukum islam. Tata kelola yang menjadi standar operasional dari bank syariah telah di atur oleh MUI agar sesuai dengan prinsip islam serta diawasi oleh OJK.

Karena menggunakan hukum islam, maka dalam pelaksanaan kegiatan simpan, pinjam, investasi maupun profit perusahaan akan sedikit berbeda dari bank konvensional. Termasuk pada produk seperti tabunganku.

Apa perbedaan Tabunganku Bank Konvensional dengan bank Syariah?
Perbedaan utama ada pada akadnya. Untuk bank syariah menggunakan akad Murobahah dengan sistem bagi hasil. Sehingga pada praktiknya, dalam bank syariah menggunakan sistem bagi hasil, kera sama dan mitra. Tidak ada bunga seperti yang ada di bank konvensional, namun menggunakan wadiah.

Selain itu, fasilitas yang diberikan juga berbeda. Tabunganku BRI dan Tabunganku BRI syariah memiliki perbedaan layanan. BRI Syariah memberikan lebih banyak fasilitas seperti fasilitas e-banking.

Bunga Tabunganku

Fitur Standar Bank Umum Bank Syariah / BPR
Biaya Administrasi Gratis Gratis
Setoran awal Rp20.000 Rp 20.000
Saldo Minimal Rp 20.000 Rp 10.000
Minimum Setoran Rp 10.000 Sesuai kebijakan
Baya penalti saldo dorman Rp 2.000 / bulan Rp 1.000 / bullan
Minimum penarikan Rp 100.000 Rp 50.000
Biaya tutup rekening Rp 20.000 Rp 5.000
Bunga Rp 0 – Rp 500.000 Bunga 0% 1%/ pertahun
Rp 500.000 – Rp 1.000.000 Bunga 0,25% 1% / tahun
> Rp 1.000.000 bunga 1 % 4% / tahun

Tabunganku untuk Bisnis, baguskah?

sesuai dengan fasilitas dan layanannya, untuk aktifitas bisnis, tabunganku kurang tepat. Namun, jika anda ingin sekedar menyimpan uang dengan aman, simpanan ini dapat anda gunakan sebagai tabungan aman. Pembahasan selanjutnya akan kita ambil tema tentang tabungan yang ada di beberapa bank di Indonesia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *