Cara Mengambil Uang Di ATM BRI Lengkap Dengan Gambar

Cara mengambil uang di ATM BRI ~ Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, bank BRI berusaha memberikan berbagai layanan baik pinjaman, tabungan, transaksi real team hingga permodalan untuk KUMKM melalui pinjaman bank lunak seperti kredit usaha rakyat BRI.

Untuk produk tabungan, bank BRI memiliki beberapa jenis tabungan yang disediakan di antaranya SIMPEDES BRI, BRITAMA, tabunganku BRI atau tabungan untuk keperluan khusus seperti tabungan emas BRI dan Tabungan Haji. Untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi, bank BRI memberikan layanan kartu ATM bagi pemilik rekening Simpedes dan BRItama.

Bagi sebagian nasabah yang baru membuat rekening di bank BRI dan belum pernah menggunakan ATM. Seringkali bingung bagaimana menggunakan kartu ATM termasuk bagaimana cara mengambil uang di atm BRI. Pernah terjadi nasabah yang belum paham bagaimana menggunakan ATM salah melakukan input pin sehingga ATMnya terblokir.

Untuk itu, admin akan membahas secara tuntas tentang bagaimana menggunakan ATM secara tepat agar terhindar dari blokir Kartu ATM. Tapi, sebelum itu, akan saya bahas terlebih dahulu tentang jenis kartu ATM BRI.

JENIS KARTU ATM BRI

Sebelum membahas bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI terbaru, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu ragam kartu ATM bagi nasabah bank BRI.

Kartu ATM BRI memiliki ragam tergantung jenis tabungan yang miliki. Jenis kartu ATM ini nantinya juga menentukan limit transfer bank BRI yang dapat dilakukan melalui ATM. Berikut ini jenis Kartu ATM BRI yang bisa kami rangkum.

  1. Kartu ATM Private Label
    Kartu ATM Private label diperuntukkan bagi pemilik rekening Simpedes. Ciri firik kartu ATM BRI ini adalah berwarna biru dengan logo BRI dan GPN. Biasa administrasi untuk kartu ini hanya Rp 1.500 perbulan, rendahnya biaya admin kartu sesuai dengan limit transaksinya. Dari beberapa jenis kartu ATM BRI, kartu ATM Private label memiliki limit transaksi paling sedikit.

    Limit penarikan ATM BRI dengan kartu private label maksimal RP 5.000.000 dengan batas transfer maksimal Rp 10.000. Agar pengambilan uang di ATM BRI berhasil, pastikan saldo anda cukup dan tidak melebihi batas penarikan tunai di ATM BRI

  2. Kartu ATM BRI Classic
    ATM BRI Classic Card memiliki batasan yang sama seperti Private Label. Bedanya, kartu ini dapat dipergunakan seperti kartu debit. Bisa dipakai untuk belanja di toko – toko yang sudah menyediakan pembelian dengan ATM Debit ini.
  3. Kartu ATM BRI Gold
    Sesuai dengan namanya, ciri fisik dari kartu ini berwarna kuning keemasan. Perbedaan utamanya tentu saja ada pada limit transaksi BRI yang lebih besar dibandingkan private label maupun classic. Namun, untuk membukanya, anda harus memiliki tabungan Britama dengan setoran Rp 250.000.
  4. Kartu ATM BRI Platinum
    Desain kartu ATM Platinum berwarna hitam dengan desain yang lebih baik. Limit transaksi lebih besar. Namun, kartu ini hanya diperuntukkan bagi pemilik rekening Britama Bisnis. Untuk membuka rekening Britama Bisnis, anda setidaknya harus menyetorkan uang buka rekening minimal Rp 1.000.000. Selain itu, biaya administrasi kartu ATM untuk jenis platinum lebih besar yaitu Rp 6.000 per bulan.

Mengapa harus mengetahui jenis kartu anda? Agar anda bisa memastikan berapa jumlah uang yang dapat diambil.

Cara Mengambil uang di ATM BRI

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana mengambil uang di ATM BRI

  • Silahkan menuju ATM berlogo BRI atau ATM Link /bersama yang telah support ATM BRI.
  • Setelah anda memasukki ATM. Anda akan dihadapkan pada mesin ATM yang memiliki empat komponen utama yaitu tempat kartu, layar, keyboard / papan ketik untuk menuliskan PIN ATM anda dan lubang keluarnya uang yang terletak di bagian bawah keryboard ATM.
  • Masukkan kartu ATM anda dengan benar. Jika kartu ATM anda tidak bisa masuk, berarti posiri kartu ATM BRI anda salah.

    Memasukkan kartu ATM BRI
    Cara memasukkan kartu ATM BRI
  • Jika kartu telah berhasil masuk, akan muncul pada layar pilihan penggunaan bahasa. Silahkan pilih sesuai keinginan anda dengan memencet tombol yang ada di samping tulisan.
    memilih bahasa di ATM BRI
    Memilih bahas di ATM BRI

     

  • Setelah anda memencet tombol bahasa, akan muncul isian PIN anda. Ketik PIN di papan ketik.

    Jangan sampai salah menekan PIN tiga kali berturut – turut, jika anda keliru memasukkan nomor PIN ATM anda sebanyak tiga kali, kartu ATM anda akan terblokir.

    Cara memasukkan no PIN ATM
    Cara memasukkan no PIN ATM
  • Selanjutnya akan muncul nominal yang di sarankan oleh ATM. Pilih lah nominal salah satu. Memilih nominaltarik tunai di ATM BRI
  • Pilih salah satu dengan memencet tombol yang ada di masing – masing nominal. Kartu.
    ambil Uang di ATM

     

  • Silahkan tunggu. ATM akan mengeluarkan kartu ATM anda terlebih dahulu. Jika kartu ATM anda sudah keluar silahkan ambil kartu anda.

    NB : Beberapa ATM mengeluarkan kartu ATM setelah anda mengambil uang anda. Jika seperti itu, pastikan anda mengelurkan kartu ATM anda dengan memilih pilihan batal pada option “Transaksi Lagi”

  • Uang akan keluar dengan sendirinya. Inilah cara mengambil uang 3 juta di ATM BRI.
    Ambil uang tabungan di ATM BRI
    Ambil uang tabungan di ATM BRI

     

  • Jika jumlah nominal yang ingin anda tarik tidak ada di dalam pilihan. Maka, setelah anda memasukkan nomor PIN. Pilih option ” Transaksi Lain” untuk cara mengambil uang di ATM BRI.

    ATM BRI

  • Pilih menu “PENARIKAN” kemudian isi nominal yang ingin ditarik.

    Jenis kartu ATM BRI

  • Jika sudah benar. Pencet Benar dan uang akan keluar dengan sendirinya.

Jumlah Uang yang dapat diambil

Agar penarikan tunai anda berhasil, pastikan bahwa anda sisa saldo yang ada di rekening anda tidak kurang dari minimal saldo mengendap. Jika saldo minimal mengendap anda Rp 50.000 sementara uang anda hanya 120.000 Maka, uang yang dapat diambil hanyalah Rp 50.000.

Nominal uang yang dapat diambil merupakan kelipatan Rp 50.000 atau Rp 100.000 sesuai mesin ATM yang tersedia.

Jenis ATM Yang dapat digunakan

Bank BRI memiliki lebih dari 18.000 mesin ATM. Anda bisa menggunakan mesin ATM Bank lain selama terdapat didalamnya logo BRI.

Menjaga Keamanan Kartu ATM anda

  • Jangan lupa untuk selalu memastikan anda telah menyimpan kartu anda di dompet setelah mengambil uang
  • Jangan beritahukan PIN anda kepada orang lain agar menjaga kerahasiaan anda
  • Jika telah salah dalam memasukkan PIN, sebanyak 2 kali, lebih hentikan dulu jika anda belum yakin. Pastikan PIN anda benar agar tidak terblokir.
  • Jika kartu tertelan, jangan panik. Pastikan anda menghubungi Call Centre BRI agar BRI dapat meneruskannya ke tim teknis.

Limit penarikan tunai di ATM BRI

Limit penarikan disesuaikan dengan jumlah saldo anda dikurangi jumah minima saldo yang mengendap. Nah, jika saldo anda masih mencukupi namun masih gagal, maka bisa jadi limit transaksi kartu anda memang tidak mendukung penarikan dalam jumlah tertentu.

Sebagai contoh Kartu ATM BRI jenis private label hanya mendukung penarikan tunai maksimal Rp 5.000.0000 sehari. Jadi, jika anda mengambil uang lebih dari lima juta, anda akan gagal dalam melakukan penarikan tunai.

Demikianlah bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI yang semoga memberikan anda kemanfaatan dan pengetahuan untuk penggunaan mesin ATM dengan jenis kartu ATM BRI.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *